Tujuan pendampingan kepala sekolah pada aspek evaluasi program
adalah untuk meningkatkan mutu kepemimpinan dan manajemen sekolah, memberikan rekomendasi untuk pengambilan keputusan yang tepat, mengetahui efektivitas program, serta mengembangkan kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program secara menyeluruh demi tercapainya tujuan pendidikan yang lebih baik
Secara lebih rinci, tujuannya meliputi:
- Peningkatan Kualitas: Mendorong peningkatan mutu kepemimpinan, manajemen, dan pelaksanaan program pendidikan secara keseluruhan.
- Pengambilan Keputusan: Memberikan dasar dan pertimbangan yang kuat agar kebijakan dan keputusan terkait program sekolah menjadi lebih tepat.
- Identifikasi Kebutuhan: Membantu kepala sekolah mengidentifikasi masalah, merancang solusi, dan memantau perkembangan peningkatan kualitas pembelajaran dan manajemen sekolah.
- Pengembangan Kompetensi: Membina kemampuan kepala sekolah dalam supervisi, pengelolaan, serta integrasi strategi pembelajaran yang efektif (seperti Pembelajaran Mendalam, PBL, PjBL) dan pemanfaatan teknologi digital.
- Efektivitas dan Efisiensi: Menilai sejauh mana program yang dilaksanakan mencapai tujuannya, serta mengetahui tingkat keberhasilan, efektivitas, dan efisiensi program tersebut.
- Penyesuaian Program: Memastikan program yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dunia kerja, serta adanya perbaikan berkelanjutan.

0 Komentar