Program Kerja Asesmen Sumatif Akhir Semester Tahun Pelajaran 2025/2026

 

Program Kerja Asesmen Sumatif Akhir Semester

SMP Mahanaim – Tahun Pelajaran 2025/2026

 

I. Latar Belakang

Asesmen Sumatif Akhir Semester merupakan kegiatan evaluasi yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran selama satu semester. Program kerja ini disusun sebagai pedoman pelaksanaan agar kegiatan asesmen berjalan tertib, efektif, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

II. Dasar Hukum

1.      Permendikbudristek tentang Standar Penilaian Pendidikan.

2.      Kalender Pendidikan SMP Mahanaim Tahun Pelajaran 2025/2026.

3.      Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan RKAS PKBM.

 

III. Tujuan

1.      Menilai pencapaian hasil belajar peserta didik.

2.      Mengidentifikasi perkembangan kompetensi setiap mata pelajaran.

3.      Memberikan umpan balik bagi pendidik untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

4.      Menjadi dasar pengolahan nilai raport semester.

 

IV. Sasaran Kegiatan

Seluruh peserta didik di SMP Mahanaim.

 

V. Waktu Pelaksanaan

·         Tanggal pelaksanaan: 27 November 2025 – 2 Desember 2025

·         Durasi setiap sesi       : 90 menit per mata pelajaran

·         Teknis                         : Tatap muka / CBT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VI. Bentuk Asesmen

1.      Test CBT

 

VII. Mekanisme Pelaksanaan

1.      Persiapan

o   Penyusunan kisi-kisi dan soal oleh pendidik.

o   Validasi kisi-kisi dan soal oleh ketua panitia.

 

2.      Hari Pelaksanaan

o   Peserta hadir 15 menit sebelum asesmen dimulai.

o   Pengawas membacakan tata tertib.

o   Pengisian identitas pada lembar jawaban.

 

3.      Pasca Pelaksanaan

o   Pemeriksaan oleh guru mata pelajaran.

o   Input nilai ke sistem administrasi.

o   Penyusunan berita acara dan rekapitulasi nilai.

 

VIII. Tata Tertib Peserta

1.      Hadir tepat waktu sesuai jadwal.

2.      Membawa HP dan alat tulis

3.      Mengisi identitas dengan benar.

4.      Tidak diperbolehkan bekerja sama atau mencontek.

0 Komentar